Cool Blue Outer Glow Pointer

Rabu, 07 Maret 2018

Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Dilihat dari judulnya pasti pembaca sekalian sudah paham maksud dari bagian siklus akuntansi ini. Neraca saldo setelah penyesuaian adalah pengelompokkan masing-masing saldo akhir akun setelah adanya jurnal penyesuaian dan biasanya dilakukan pada akhir periode. Seperti yang diketahui kalau neraca saldo memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah fungsi persiapan untuk laporan keuangan. Namun neraca saldo yang dibuat sebelum jurnal penyesuaian belum mengungkapkan seluruh akun yang akan dilaporkan, karena pada prosesnya dibutuhkan penyesuaian, sehingga neraca saldo setelah penyesuaian ini menjadi sangat penting karena seluruh akun terkait dalam perusahaan diungkapkan dalam bagian ini.

Bentuk antara neraca saldo dan neraca saldo setelah penyesuaian adalah sama, yang membedakan adalah beberapa akun yang baru muncul ketika pembuatan jurnal penyesuaian. Dalam tulisan ini, penulis tidak akan membahas contoh neraca saldo setelah penyesuaian, namun akun-akun yang akan muncul terkait dengan jurnal penyesuaian perusahaan.



Neraca saldo mengungkapkan akun-akun yang terdapat pada jurnal umum, sedangkan neraca saldo setelah penyesuaian mengungkapkan akun-akun yang terdapat pada jurnal umum ditambah dengan jurnal penyesuaian.

Di bawah ini akan dituliskan akun-akun saling terkait yang muncul ketika jurnal umum dan di rekap dalam neraca saldo dan muncul ketika jurnal penyesuaian dan di rekap dalam neraca saldo setelah penyesuaian.


*Format di atas hanya menggambarkan posisi debit dan posisi kredit (yang menjorok) pada masing-masing akun.
*Penjelasan mengenai poin 1-7 terdapat pada tulisan sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik berbeda dengan komentar menjatuhkan. Sikapi dengan bijak