Cool Blue Outer Glow Pointer

Selasa, 13 Februari 2018

PENGARUH PENGUNGKAPAN SUKARELA, AUDIT TENURE DAN AUDITOR SPESIALIS TERHADAP ASIMETRI INFORMASI DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti mengenai pengaruh pengungkapan sukarela, audit tenure, dan auditor spesialis terhadap asimetri informasi. Penelitian ini juga akan menguji apakah komite audit dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh pengungkapan sukarela, audit tenure, dan auditor spesialis terhadap asimetri informasi.
Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2011-2015. Jumlah perusahaan perbankan yang dijadikan sampel penelitian adalah 29 perusahaan dengan pengamatan selama 5 tahun. Penelitian ini berdasarkan purposive sampling. Total sampel penelitian ini adalah 145 laporan keuangan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dan MRA (Moderated Regression Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa auditor spesialis berpengaruh terhadap asimetri informasi, sedangkan pengungkapan sukarela dan audit tenure tidak berpengaruh terhadap asimetri informasi. Penelitian ini menemukan bukti bahwa interaksi antara audit tenure dengan komite audit berpengaruh terhadap asimetri informasi. Interaksi antara auditor spesialis dengan komite audit juga terbukti berpengaruh terhadap asimetri informasi.

Kata kunci: Asimetri Informasi, Pengungkapan Sukarela, Audit Tenure, Masa Perikatan Audit, Auditor Spesialis, Komite Audit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik berbeda dengan komentar menjatuhkan. Sikapi dengan bijak