Cool Blue Outer Glow Pointer

Selasa, 13 Februari 2018

PENGARUH PENGUNGKAPAN SUKARELA, AUDIT TENURE DAN AUDITOR SPESIALIS TERHADAP ASIMETRI INFORMASI DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN


A.    Kesimpulan

Berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan dan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan model regresi berganda serta moderated regression analysis, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.    Pengungkapan sukarela tidak berpengaruh terhadap asimetri informasi. Hasil ini sesuai dengan penelitian Nuryatmo (2007), dan Yenibra (2014).
2.    Audit tenure tidak berpengaruh terhadap asimetri informasi. Hasil ini sesuai dengan penelitian Adeniyi (2013), dan Pratiwi (2013).
3.    Auditor spesialis berpengaruh terhadap asimetri informasi. Hasil ini sesuai dengan penelitian Primadita (2012) dan Almutairi (2009).
4.    Hubungan interaksi pengungkapan sukarela dengan komite audit tidak berpengaruh terhadap asimetri informasi. Hasil ini sesuai dengan penelitian Aprianti (2014).
5.    Hubungan interaksi antara audit tenure dengan komite audit berpengaruh terhadap asimetri informasi. Hasil ini sesuai dengan penelitian Wakum (2014), Elbadry (2013) dan Kanagaretnam (2007).
6.    Hubungan interaksi auditor spesialis dengan komite audit berpengaruh terhadap  asimetri informasi. Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian Putri dan Wiratmaja (2015)

B.     Saran

Berikut saran-saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya, adalah sebagai berikut:
1.      Penelitian selanjutnya disarankan agar menambah variabel yang akan digunakan seperti beban kerja (workload), pengalaman auditor, ukuran perusahaan, ukuran KAP, client importance, dll sehingga hasilnya akan memperkaya pembahasan mengenai asimetri informasi.
2.      Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan proksi-proksi yang berbeda dalam setiap variabel sehingga dapat dibandingkan dengan proksi yang digunakan dalam penelitian ini.
3.      Penelitian selanjutnya disarankan agar memperluas wilayah sampel dengan menambah jenis industri atau menggunakan seluruh industri yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik berbeda dengan komentar menjatuhkan. Sikapi dengan bijak